April 3, 2012

Pentingnya Berkomunikasi

Salah satu syarat mutlak dalam menjalin sebuah hubungan adalah komunikasi. Kenapa komunikasi? Karena dengan komunikasi kita bisa saling mendistribusikan semua hal, dengan komunikasi kita bisa saling berbagi, dengan komunikasi kita jadi tahu apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang di sekitar kita. Komunikasi menjembatani jarak ruang dan waktu tapi dia tidak terhalang oleh ruang dan waktu.

Saat ini komunikasi bukan hanya dapat dilakukan dengan langsung, dalam artian bertatap muka, namun kita bisa memanfaatkan media lain layaknya telepon, pesan singkat maupun jejaring sosial didunia maya. Jejaring sosial seperti yahoo messenger, google talk, facebook, twitter, friendster, myspace, linked-in, dan kawan-kawan, telah menjadi something important dalam kehidupan manusia modern saat ini. 


Data pertumbuhan pesat yang ditunjukkan facebook, kita dapat menerjemahkannya sebagai salah satu parameter seberapa besar kebutuhan manusia akan komunikasi. The conclusion is human are regularly communicate because they need it. Begitupun dalam berhubungan dengan orang-orang terdekat. Kita merasakan adanya jarak yang terbentuk ketika komunikasi sudah tidak terjalin dengan baik. Saat ruang dan waktu telah membatasi diri untuk bercerita dan telepon/message/chatting dianggap akan mengganggu, itulah masa dimana adanya "jarak yang nyata" diantara kita.

Itu juga yang saya rasakan saat ini. Berada jauh dari teman - teman membuat saya hampir setiap hari muncul di YM dan Facebook demi melihat nama mereka ada di chat-list supaya kita bisa chattingan bareng, dan ternyata tidak ada. SMS dan telpon juga tidak kunjung datang. Apakah kita harus berkirim surat seperti di zaman prasejarah kawan? I don't hope so!

No comments:

Post a Comment