September 2, 2014

Makola, My Best School Experience #1


siskaalfioblog
Makola, dilihat dari Kalamparik
MTsM Saningbakar, atau yang lebih sering kami sebut dengan nama "makola" (sebutan anak" saniangbaka untuk kata "sekolah") adalah sebuah tempat dimana saya menimba ilmu selama 3 tahun di jenjang SLTP, sekaligus sebagai rumah kedua disaat saya remaja. Selama bersekolah disana, sebagian besar waktu saya lewati di sekolah, paginya belajar formal, siangnya ikut belajar tambahan (les), entah itu les english, belajar komputer, main voli, yang penting ikut saja soalnya gratisan, haha, dan malamnya ekstrakurikuler keagamaan. 

Waktu malam adalah ajangnya kami bermain sambil belajar, ada berbagai pilihan eskul malam saat itu, diantaranya kaligrafi, tahfiz Qur'an, tahsin Qur'an, dan pastinya "maungguk" di pustaka mushalla Muhammadiyah (Pustaka Makola). Semua aktifitas itu saya lakukan dari pagi, pulang setengah dua, lalu balik lagi dan pulang jam setengah 6, lalu kembali saat maghrib sampai isya. Saat itu rumah layaknya tempat istirahat dan makan saja, saya sibuk bolak balik sekolah. Alhamdulillahnya, waktu saya tidak terbuang percuma, hari-hari dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan bermanfaat, menjadi sesuatu yang berharga bagi saya di kemudian hari. 

MTsM Saningbakar, adalah sebuah tempat dimana tidak ada jarak yang berarti diantara guru dan murid. Kami bisa berinteraksi layaknya teman kepada guru tanpa harus menghilangkan rasa hormat kami. 
Kelas 3 A, Walasnya Bapak Atrizon
Kelas 3 B, Walasnya Bapak Reginal Maukar

MTsM Saningbakar, adalah tempat kami memperlihatkan kenakalan remaja kami. Yap, angkatan saya termasuk dalam rombongan "paliang mada", paling banyak ulah. Kami langganan dijemur di lapangan dengan berbagai alasan, paling suka telat, paling susah diatur dan sering membuat guru pusing. Bukan keanehan lagi kalau guru ngambek dan turun ke bawah karena kami "paulahan", bahkan ada kejadian teman-teman cowok dihukum pengurangan waktu ujian karena melempar kursi dari tangga atas ke lantai bawah. Rombongan kami adalah penguasa makola saat itu, baik di Makola Computer, Pustaka Makola, Makola Tenda, dll. Tapi dibalik semua itu, kami juga termasuk dalam salah satu generasi yang merasakan masa keemasan MTsM Saningbakar, masa yang mungkin tidak dirasakan lagi oleh anak" makola yang sekarang.
Panitia Mabica (MOS) 03-04
Panitia Mabica (MOS) 03-04
siskaalfioblog
Da Kitot yg dalam kain saruang
siskaalfioblog

Photo Source:Private Documents & Makola Collection

to be continued.... Makola, My Best School Experience #2

No comments:

Post a Comment